Subscribe Us

Cara Membuat Bedak Dingin Untuk Wajah Berjerawat

perawatan wajah secara tradisional

Pengobatan Secara Tradisional || Pada postingan kemarin sudah diulas mengenai Merawat Kulit Muka Dengan Menghilangkan Jerawat. Disitu disinggung bahwa jerawat merupakan penyakit yang bisa menimbulkan rasa malu bagi si penderita, yang umumnya menjangkiti anak-anak muda.

Penyakit jerawat memang jarang menimbulkan rasa sakit. Namun jika tidak segera diobati bisa saja menimbulkan penyakit-penyakit kulit yang lainnya.

Untuk mengobatinya bisa menggunakan pengobatan secara tradisional dengan membuat bedak dingin yang bisa kita ramu sendiri. Berikut ini bahan-bahan ramuan untuk membuat bedak dingin yang akan kita gunakan:
  1. Tepung beras : 1/4 liter
  2. Tepung pati bengkoang: 1/4 liter
  3. Kayu manis : 1/4 ons
  4. Kayu masoyi : 1/4 ons
  5. Klabet : 1 sendok teh
  6. Kencur : 1/4 ons
  7. Buah pinang : 2 biji
  8. Adas : 1 sendok teh

Setelah dipersiapkan bahan-bahannya, sekarang ikuti langkah-langkah membuat bedak dingin untuk jerawat berikut ini:

  • a) Beras dicuci bersih terus direndam selama 12 jam, kemudian disaring dan disiram dengan air yang bersih supaya baunya hilang. Lalu ditutup dengan daun pisang dan didiamkan kurang lebih 1 jam, agar berasnya menjadi kesat (tidak berair) dan jika ditumbuk akan mudah, lunak tetapi tidak lengket. Kemudian beras itu ditumbuk dan di ayak agar menjadi tepung yang halus.
  • b) Bahan nomor 1 dan 2 dicampur menjadi satu
  • c) Bahan nomor 3,4 dan 5 digoreng sangan(sangrai) sampai menjadi kuning kehitam-hitaman (menjadi masak)
  • d) Bahan nomor 6 dikupas kulitnya, diiris tipis-tipis dan dicuci terus dijemur sampai kering
  • e) Bahan nomor 7 dikupas kulit luarnya yang berupa sabut dipecah kulit dalamnya yang keras, dan diambil dagingnya dijemur sampai kering
  • f) Bahan d dan e digoreng sangan
  • g) Bahan c,d,e,f ditumbuk atau digiling (diselep) agar menjadi tepung ramuan, kemudian diayak dan diambil yang paling halus.
  • h) Yang terakhir, campuran tepung beras dan pati bengkoang (a) dicampur dengan tepung ramuan g.

Akhirnya, selesai sudah ramuan bedak dingin untuk jerawat ini.

Kalau ingin bedak yang bulat-bulat, caranya bedak obat jerawat tersebut dicampur dengan air sedikit dan dibanting-banting seperti bakal kue. Kemudian dibuat bulat kecil-kecil, seperti telur cecak. Kalau akan memakainya, cukup diambil satu atau dua biji terus dicampur dengan air sedikit saja, pakai sebagai bedak sebelum tidur.

Khasiat bedak dingin ini adalah untuk mengobati jerawat bagi yang berjerawat, sedangkan bagi yang tidak berjerawat untuk mencegah timbulnya jerawat.

Itulah Cara Membuat Bedak Dingin Untuk Wajah Berjerawat, semoga cara pengobatan tradisional ini bisa mengusir jerawat dari muka Anda.

2 komentar:

  1. Kunjungan balasan, salam kenal juga, wah, infonya penting bgt nih

    BalasHapus
  2. Mksh tipsnya, BTW, selamat ya blogmu terpilih jd Guest This Week di blogku sob, alias bakal dipajang di halaman dpn blog Penghuni 60 selama seminggu full, cek disidebar kanan atas ya, semoga bermanfaat

    BalasHapus